Selasa, 17 Desember 2013

Guna dan Fungsi Musik Gandang Tigo Di Tabek Panjang

Pada kesempatan ini saya mencoba memposting guna dan fungsi musik kesenian daerah saya mudahan berguna dan bermanfaat untuk anda yaitunya musik Gandang Tigo di Tabek Panjang.


Kehadiran musik gandang tigo dalam masyarakat tentu memiliki guna dan fungsi, sehingga suatu kesenian yang hidup dalam masyarakat selalu digunakan dan dipertahankan keberadaannya sebagai ciri khas suatu daerah. Sehubungan dengan ini, Secara konseptual Alan P Merriam (Alan P Marriam dalam Martarosa. “Palanta Seni Budaya”, Jurnal, STSI Padangpanjang).

Apabila membicarakan fungsi akan berkaitan dengan sebab sebab kenapa musik digunakan sehingga akibat dari musik yang dihidangkan itu tercapai tujuan yang paling utama. Dengan perkataan lain, apa yang diberikan musik untuk manusia, itulah fungsi fungsi musik baginya. Selanjutnya apabila membicarakan guna akan berkaitan dengan penggunaanya dalam masyarakat, apakah musik untuk dirinya sendiri atau diperbantukan untuk kegiatan kegiatan yang lain.

Ditinjau dari keberadaan musik gandang tigo di Tabek Panjang sampai sekarang masih digunakan serta disajikan di beberapa tempat penyajian, sehingga masih eksis dalam masyarakat sebagai ungkapan kreatifitas bagi masyarakat pendukungnya yang mempunyai fungsi tersendiri.

Gunaan dan fungsi musik gandang tigo dalam masyarakat Tabek Panjang diantaranya :
Fungsi perlambangan
Kesemanbungan Budaya
Pengintegrasian Masyarakat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar