Rabu, 18 Desember 2013

3. Hiburan

Berkaitan dengan fungsi musik gandang tigo sebagai hiburan dalam masyarakat, terlihat penyajian musik gandang tigo sejak dahulunya dimanfaatkan untuk acara alek anak
nagari atau alek anak gubalo yang disebut juga pesta anak nagari. Apabila musim panen padi sudah tiba, maka diadakanlah acara hiburan yang dikenal dengan  alek anak nagari. Selain musik gandang tigo, juga disajikan kesenian tradisi yang lain seperti randai, talempong, saluang, tari piriang, yang dihadiri berbagai lapisan dalam masyarakat seperti ninikmamak, bundo kanduang dan khususnya  pemuda.

Terjadinya pergeseran nilai sehubugan dengan pekembangan zaman maka musik gandang tigo sekarang juga diadakan pada acara pameran dan  arak arakan acara resepsi pernikahan, penyambutan tamu kehormatan, dalam musik tari, dalam pembuatan komposisi musik dll, Sehubungan hal ini Menurut Edi Sedyawati  menyatakan bahwa, perubahan fungsi maupun bentuk sebuah karya seni terjadi akibat dinamika masyarakat pendukungnya. Perubahan dan perkembangan yang terjadi pada musik gandang tigo ini adalah tempat penampilannya dan tetap berfungsi sebagai hiburan yang menandakan suka ria bagi pemain dan penikmatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar